Senin, 14 Januari 2013

processing device



Processing Device =alat dimana instruksi-instruksi program dieksekusi untuk memproses data yang dimasukkan lewat alat masukan yang hasilnya nanti akan ditampilkan di alat output.Contoh masing-masing perangkat:


1)Processor, atau sering disebut CPU adalah sebuah chip yang merupakan pengolah utama dan pusat pengendalian berbagai perangkat komputer. Adapun mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu, seringkali dalam sebuah paket sirkuit terpadu-tunggal. Unit pemprosesan yang berada dalam komputer adalah Central Processing Unit (CPU). CPU merupakan otak atau pengatur suatu sistem yang mengolah sehingga menghasilkan informasi.
Tiga unsur penting dalam CPU, yaitu primary storage, arithmatic logic unit dan control unit.

Cara Kerja Processor :
saat sebuah program akan dieksekusi, maka isi program tersebut yang berada di dalam harddisk diambil dan di masukkan ke RAM. Control Unit membedakan instruksi dan data, instruksi ditempatkan ke Program-Storage sedangkan data ditempatkan di Working-Storage. Selanjutnya instruksi dan data tersebut di ambil oleh Control Unit di simpan di Register. Bila instruksi merupakan perhitungan logika atau aritmatika, maka ia dibawa ke ALU untuk diproses. Hasilnya akan ditampung di Accumulator. Control Unit akan mengambilnya dan membawanya kembali ke RAM yang kemudian di tampilkan hasilnya ke alat output.

contoh gambar:
 

2) Motherboard/Mainboard,  adalah Sebuah kepingan papan electronic (PCB / Printed Circuit Board) yang berfungsi untuk menyediakan tempat (socket, slot & connector) bagi komponen-komponen tersebut, Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang di MB.Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC.Mengatur lalulintas semua data, mulai dari peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard, mouse, scanner), atau printer untuk mencetak.

Cara kerja Motherboard :
Motherboard mendapat supply tenaga dari sebuah power supply, dimana voltase akan dialirkan melalui sebuah power connector. Seluruh periferal yg terinstal dengan MB akan mendapat pasokan power ini. Setelah MB mendapatkan supply power, jalur sirkuit elektrik yang terdapat pada motherboard yang menghubungkan setiap komponen tersebut akan bekerja. Sirkuit berfungsi  menyediakan tempat untuk mentransfer sinyal & voltase (power). PCB sendiri terdiri dari beberapa lapisan (biasanya disebut layer), dan setiap layer berisi jalur sirkuit tersendiri, hingga setiap jalur yg rumit tidak perlu berhubungan jalur lain yg tidak terkait.
Semakin banyak layer pada motherboard (biasanya 4 – 8 layer) maka akan semakin berkualitas, karena mengurangi adanya ganggungan interferensi.

contoh gambar:
 

 
3) Register, untuk menyimpan data dan atau instruksi yang sedang diproses, mempunyai kecepatan tinggi, lebih cepat sekitar 5-10 kali dibandingkan dengan kecepatan perekaman atau pengambilan data di main memory namun bersifat sementara. Konsep penting yang mempengaruhi kecepatan dari processor adalah ukuran dari register.

Cara kerja Register :
Register menerima data dari Memory utama (RAM), disimpan di masing-masing register.
CU (control unit) dan ALU (aritmethic logic and unit) mengolah data dari masing2 register. Kemudian dikembalikan lagi ke register.
Kecepatan register ini setara dengan kecepatan CPU, jadi prosesnya sangat cepat.
Barulah hasil proses dari CU DAN ALU yang dikirim ke register disimpan di memory utama (RAM).

contoh gambar:

4) Sound Card, adalah bagian yang mendekode data data digital menjadi sinyal suara. Sintesis (generasi suara dari sinyal digital), MIDI (Musical Instrument Digital Interface: pertukaran data sistem), Analog-ke-digital converter ,mengubah masukan sinyal analog suara dari mikrofon ke mode digital  Digital-ke-analog converter, reconverts digital kesinyal output sinyal analog. Jenis-jenis Sound Card :
  • Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
  • Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
  • Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.
Cara kerja Sound Card:
Ketika anda merekam suara lewat microphone. suara anda yang berupa analog diolah oleh DSP, dalam mode ADC ( Analog Digital Converter : Konversi analog ke digital). Mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang berkelanjutan. Sinyal digital ini simpan dalam format waveform table atau biasa ditulis Wav(wave) dalam disk atau dikompresi menjadi bentuk lain seperti mp3.

contoh gambar:


5) Power Supply, adalah suatu perangkat yang melakukan penurunan tegangan listrik dari 220V AC menjadi 12 V DC dan 5 V DC dan 3,3 V untuk menghindari kerusakan pada perangkan-perangkat computer yang dikarenakan karena ketidak teraturan arus listrik yang masuk.

Cara kerja Power Supply:
Ketika kita menekan tombol power pada casing, yang terjadi adalah langkah berikut.
Power supply akan melakukan cek dan tes sebelum membiarkan sistem start. Jika tes telah sukses, power supply mengirim sinyal khusus pada motherboard, yang disebut power good.Power Supplay menyerap daya listrik, lalu mengatur arusnya dengan perangkat-perangkat yang ada didalamnya.

contoh gambar: 

6) RAM (Random Access Memory), adalah terdiri dari chip memori kecil yang membentuk sebuah modul memori . Modul ini dipasang di slot RAM pada motherboard komputer.  pendukung dan pelayan bagi prosesor dalam melakukan proses computing, sebagai tempat penyimpanan data sementara bagi program yang sedang diproses,semakin besar kapasitasnya, maka semakin banyak data yang dapat disimpan dan disuplai, yang akhirnya membuat Processor bekerja lebih cepat. Suplai data ke RAM berasal dari Hard Disk, suatu peralatan yang dapat menyimpan data secara permanen.

 Cara kerja RAM:
Pada saat kita menyalakan komputer, device yang pertama kali bekerja adalah Processor. Processor berfungsi sebagai pengolah data dan meminta data dari storage, yaitu Hard Disk (HDD). Artinya data tersebut dikirim dari Hard Disk setelah ada permintaan dari Processor.

contoh gambar:

 
 



  
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar